Senin, 22 Februari 2016


          Air Terjun Coban Glotak terletak di dekat Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang dan berjarak sekitar 13 km ke arah barat dari Kota Malang. Untuk mencapai air terjun ini Anda harus menuju Desa Bedalisodo terlebih dahulu, karena desa tersebut berada paling dekat dengan lokasi coban. Tidak ada petunjuk jalan tentang keberadaan lokasi air terjun tersebut sehingga sangat menyulitkan bagi pengunjung yang pertama kali menuju wisata coban ini. Satu-satunya petunjuk jalan hanya ada di pertigaan Pabrik Gula Kebon Agung yaitu hanya berupa petunjuk arah panah tertera Coban Glothak 12 kilometer dan setelah itu tidak ada petunjuk apapun untuk sampai ke lokasi.

          Perjalanan dari Bedalisodo ini sejauh sekitar 2 km atau kurang lebih 2 jam hingga tiba di lokasi coban tersebut berada. Untuk menuju ke sana lumayan sulit karena harus menyusuri sungai. Kondisi jalannya masih berupa makadam dan sebagian tanah liat. Dari Desa Bedalisodo perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak mengikuti aliran Sungai Dem yang mengalir dari Coban Glotak. Anda akan melewati hutan yang masih alami, banyak pohon-pohon besar yang akan kita lewati, bahkan masih banyak terdengar suara satwa liar. Untuk mencapai coban berbagai macam rintangan dalam perjalanan seperti menyusuri jalan setapak, semak belukar, sungai yang deras serta jalan yang berkelok-kelok dan naik turun. Hati-hati juga dengan lintah bila melewati sungai.

           Tempat wisata Coban Glotak saat ini dikelola oleh Perhutani. Wanawisata Coban Glotak belum dikelola secara optimal, karena sarana akomodasi di Coban Glotak ini masih sangat minim. Bahkan tidak ada pintu loket, ucapan selamat datang, maupun papan penunjuk arah lokasi air terjun berada. Karena lokasinya yang sulit dicapai sehingga masih jarang orang yang mengunjunginya. Tetapi sebenarnya tempat wisata ini masih alami dan udara yang segar. Dengan medan yang sangat sulit dicapai membuat perjalanan ke Coban Glotak ini sangat menantang. Pemandangan di sekitar Coban Glotak sangat indah, sejuk dan udaranya sangat dingin. Di sana Anda bisa berenang sepuasnya, di mana airnya yang terus mengalir dan sangat jernih. Perjalanan 2 jam yang penuh tantangan menjadi tak terasa dengan kenikmatan yang akan kita dapatkan.

          Coban ini memiliki ketinggian sekitar 100 m dan berada di lereng Gunung Kawi. Menurut masyarakat setempat Coban Glotak ini merupakan coban terakhir dari tujuh coban lainnya yang berada di atasnya. Lingkungan di coban ini masih sangat alami. Konon, nama Coban Glotak itu berasal dari bunyi bebatuan yang jatuh bersama jatuhnya air terjun. Bebatuan yang jatuh dan dibawa air itu menimbulkan bunyi klotak-klotak. Hal itulah yang kemudian nama air terjun tersebut dinamakan Coban Glotak. Dan hingga saat ini, bebunyian itu masih bisa didengar saat malam hari tiba.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Pengunjung

Renungan Harian

Diberdayakan oleh Blogger.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Ditulis Oleh : Joni Kunuku
Bersama Tuhan Saya akan menjelajah setiap kota yang ku tempati semasa Hidupku Semoga Aku Bisa Terus Barkarya...Never Give Up

Terpopuler